Asesmen Lapangan Jurusan PIAUD

Pada 2 September 2017, Jurusan PIAUD kedatangan tamu agung. Sehari setelah Hari Raya Idul Adha, di saat ramai-ramainya umat Islam di Salatiga menyembelih hewan kurban, salah satu jurusan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga ini dikunjungi oleh dua asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Mereka bermaksud menilai kualitas jurusan yang dahulunya bernama PGRA di dalam balutan momen Asesmen Lapangan.

Asesmen lapangan adalah bagian dari proses akreditasi oleh BAN-PT di samping desk evaluation. Penilaian ini penting mengingat semangat pemerintah untuk terus memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Oleh sebab itu, setelah 2014 Jurusan PGRA terakreditasi, 2017 ini PIAUD melakukan reakreditasi.

Asesmen diawali dengan sambutan pimpinan IAIN Salatiga oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan. Segera setelah pembukaan, kedua asesor menuju meja masing-masing. Di Meja I ada Dr. Parwoto, M.Pd. (Universitas Negeri Makassar), bertugas menilai borang institusi berikut kelengkapannya. Sementara Dr. Fauzan, M.A. (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) ada di meja II untuk menilai borang program studi beserta kelengkapannya.

Asesor 1 Asesor 2 BA-1 BA-2
Kegiatan asesmen diwarnai dengan pengamatan dokumen dan sarana prasarana. Asesmen juga dilengkapi dengan wawancara oleh asesor dengan mahasiswa Jurusan PIAUD dan alumni. Saat penutupan, Asesor I memberikan rekomendasi kepada Jurusan PIAUD di antaranya agar senantiasa memberi kesempatan kepada dosen PIAUD untuk melakukan pengembangan diri demi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *